Sedikit pesan dari TS
sumber : kaskus
Selamat
sore smuanya,Seperti yang kita tahu bahwa jaman sekarang ini adalah
jaman "menarik" bagi semua gamer terutama anak muda atau ABG.
dan
tentunya game yang paling digemari sekarang adalah game yang berjenis
online system game atau biasa yang kita tahu dengan game online.
dalam game online ini kita disuguhi berbagai macam variasi, ada yang RPS, FPS, MMO, Dll. [TS nya gak apal hehehe ] akan tetapi, ironisnya, apakah para player di indonesia ini bertingkah sebagaimana mestinya menjadi seorang "GOOD PLAYER" ? player yang bisa mengerti akan game online, tidak bertindak sara, flame,insult dan terutama CHEAT ?
dan unsur terpenting dari semua itu adalah dengan adanya kehadiran Game master atau yang kerap kita singkat dengan GM.
bagi para player GM adalah salah seorang user yang dapat mengatur
permainan sekehendak hati dia dan semau dia, dan bahkan tidak jarang
bagi para player yang menganggap GM itu adalah player Dewa.
meskipun
banyak yang memujanya....yin and yang, dimana ada kebaikan pasti disitu
ada kejahatan.beribu ribu insult yang dia dapat jika dia tidak tanggap
ataupun peduli terhadap player. bisa itu dari tidak tanggapnya akan
cheat dan bug yang beredar...ataupun hanya karena event yang ada tidak
disukai oleh para player sehingga dia dihina begitu saja padahal yang
kita tahu GM itu juga manusia dan pastinya lah dia mempunyai limit.
Di
sini wa pingin Nge share pekerjaan sorang GM itu sebenarnya gimana seh ?
apakah mereka itu kerjanya enak enak aja cma nge ban pemain yang dikira
cheat ataukah mereka hanya mengambil untung penjualan cash aja dan
tidak memperhatikan para player ?? well cobalah kita baca kutipan salah
seorang mantan Game master [GM] indonesia
Quote:
-Prosedur yang harus dipenuhi GM,Perbedaan Publisher - Developer Online Game
-Sumber:GM disuatu Publisher Game Online(dirahasiakan demi privasi GM tersebut)
SEBELUMNYA SAYA BENAR2 MINTA MAAF JIKA SAYA ADA SALAH-SALAH KATA....
Yuk
langsung dibaca aja,anggap saja ini sebuah artikel yaaa...ini hanya
sebagai bentuk kritikan utk user game online diIndonesia:
Pada suatu hari(kaya dongeng aja ),gw
dulu pernah kerja di salah satu perusahaan publisher game online di
indonesia sebagai GM. kalo skrg sih udah ngga lagi, but anyway mau kasih
sedikit penjelasan aja
rata2 (ato bahkan mungkin semua)
Game online yang di indonesia itu di PUBLISH(diterbitkan), bukan di DEVELOP(dibuat atau pengembangan).
artinya, kalo ada apa2, itu udah semata2 menjadi "Standard Operational
Procedure" untuk ngelapor pada pihak developer (biasanya sih di Korea)
dan menunggu jawaban dari mereka.
Salah satu tambahan lagi buat
mental gamer indonesia, buat gw sendiri yang udah ngerasain dari seorang
GM, mereka ngga mau tau serepot apa prosedur atau proses yang harus
dilakukan.
Gw pun juga udah ngalamin yang namanya "pasrah karena
ngga bisa berbuat apa2" dan "seneng karena cheat/bug tersebut udah ngga
bisa dipake lagi". but guess what, kalo masalah bug, katakanlah duplikat
item dan lain sebagainya belum di fix, itu TIDAK SELALU karena GMnya
tutup mata.
gw sekedar share ya. agak mirip analoginya dengan ini:
DEVELOPER -- PRODUK --> PUBLISHER -> PLAYER
ibarat: Nestle/Danone/KhongGuan -- Biskuit Malkist, Pocky, dll --> Indomart, carrefour -> Konsumen
misalnya
kalian beli makanan di supermarket. terus ternyata didalem bungkus
makanan itu ada katakanlah kecoa mati. masa kalian lapor ke
supermarketnya? padahal yang ngebungkus itu si pembuat pastinya (yang
baru di dikirimkan ke supermarket), bener ngga?
nah kalo di
sistem game online gini, kalian bisa lapor ke kita dan nanti akan kita
teruskan ke bagian pihak developer. TAPI masalahnya, laporan bug itu
ngga gampang.
tau ngga, rata2 laporan bug itu gimana kalo masuk di email inbox GM/Email GM?
"kk ada bug dupli benerin pls"
"woi setan ada bug benerin dong becus ga si lu jadi GM"
"GM ccd,ada bug ama cheat koq ga diperbaiki !!! cepetan tolol"
ya kira2 seperti itulah..
ngga
bisa langsung diperbaiki walaupun kita langsung laporin ke pihak
developer juga. ada yang pernah denger ungkapan seperti ini:
"The easiest and the fastest way to fix a bug is to first know how to reproduce it."
yang artinya, kalo kita ga tau gimana cara membuat bug itu terjadi.. ya bagaimana kita bisa ngebenerin bug itu? ibarat
gini, kalian makan seafood (cumi, kerang, udang, ikan, dll) terus sampe
rumah badan kalian merah2 dan ternyata alergi. Tentu supaya kita ga
kena alergi lagi kita harus tau dong makanan apa penyebabnya, bener
ngga? Apa itu cumi nya? Kerangnya? Ato udangnya? Apa semuanya? Intinya
sebelum kita tau apa penyebabnya, kita ngga akan bisa menghindari
problem yang sama kan
Ngga bisa tuh kita lapor ke developer cuman
bilang "Hi, there is a bug which allows player to duplicate item.
Please fix this." NO. kita harus menjabarkan caranya SECARA RINCI dan
DETAILseperti apa Bug yang ada digame tersebut yang akan dilaporkan ke
pihak pembuat game
(entah itu dari tulisan, maupun video FRAPS atau puluhan screenshot yang intinya menjelaskan bagaimana bug itu terjadi).
yah,
okay, emang itu semua bagian dari jobdesk/pekerjaan wajib seorang
GM.mempunyai networking(jaringan) yang cukup luas memang penting,
soalnya kalo mulai ada laporan bug2 gini, biasa gw pun masuk ke dalam
game dan coba ngomong sama beberapa temen deket gw yang udah level
tinggi. tapi .. ngga semua pun tau tentang itu. andai mereka tau, belum
tentu mereka mau ngomong.
kalo dari player yang *udah tau tapi mingkem doang* aja ngga mau kasih tau,
bukankah itu mempersulit kerja seorang GM? sekali lagi, ya memang *cari tau tentang bug* memang jobdesk seorang GM
tapi player2 yang level tinggi/terkenal pun ngga semuanya tau. masa
kita harus mendedikasikan seluruh waktu kerja untuk cari tau gimana bug
itu terjadi? lalu bagaimana dengan laporan hack? pertanyaan2 yang masuk
ke inbox GM atau forum2 tetangga yang harus kita pantau? dan juga
patch/update baru yang harus segera kita translate ke bhs indonesia? apa
ditelantarkan begitu saja demi mencari bug? kan ngga.. kita juga harus
bagi waktu
kalo soal masalah player yang menggunakan cheat, kita
juga ngga bisa main asal ban setiap terima laporan. kita harus ngeliat
mereka saat bermain. dan ane rasa kita semua tau ngga semua cheat
*gampang diliat*. contoh aja dulu gunbound online, kalo pake aimbot,
emang orang lain bisa ngeliat? ngga kan? antara JAGO sama CHEAT itu
biasa susah dibedain. dan inilah mental orang indo satu lagi. kalo kalah
sama yang level/pangkat lebih rendah langsung deh cocod "CHEATTT!" dan ga pernah mikir "wah emang gw kalah skill mungkin"
sama
halnya dengan anticheat. hampir semua game ada protectionnya baik itu
xtrap, gameguard dan lain sebagainya. untuk semua yang tembus pun kita
juga harus lapor. ini sedikit lebih gampang karena biasanya cheat itu
berupa third-party program, jadi kita cukup memberikan screenshot bahwa
*nih bisa dipake, kok tembus?* dengan sedikit penjelasan tentang efek di
game dan mereka akan terima laporan tersebut.
tapi apa
memperoleh program2 seperti itu gampang? percaya ngga percaya, dari
jobdec sebanyak itupun salah satunya juga memantau perkembangan cheat,
masuk ke forum2 local maupun luar supaya dapet program itu dan riskan
ngerusakin kompi kantor (apalagi kalo XTRAP, tiap ke detect cheat
langsung otomatis restart kompinya)
--> DAN BALIK
LAGI.. update untuk game (perbaikan bug) maupun anticheat bawaan dari
game tersebut adalah KEBIJAKAN dari developer game maupun anticheat
tersebut. kalo kita udah lapor dan mereka belum kasih fix.. kita ngga
bisa apa2. masa kita tiap hari nge-grecokin mereka dan bilang dengan
gaya player "woi mana updatenya,lama amat ene developer game" .. yang
ada license/lisensi gamenya diputus langsung dan game tutup....serem kan
!
sorry, gw bukan ngebela kinerja GM di publisher indo, tapi
cuman mencoba membuka MATA PARA PLAYER INDONESIA bahwa jadi GM itu NGGAK
GAMPANG !
ga jarang juga denger kritik pedes, "Halah jadi GM ngurus game aja ga bisa/becus, ke laut aja lu!"ato "Loh lu kan digaji untuk itu, lu dibayar untuk jobdesc tersebut, jgn complain dong!"
biasa
sih gw cuman geleng2 kepala aja ya, memang diakui kinerja GM untuk
game2 yang udah ada mungkin BELUM maksimal .. dan satu sifat yang harus
dimiliki semua GM adalah KESABARAN. SABAR, SABAR dan SABAR.kita dicaci
maki,dikritik, dikomentarin, tapi kita ga boleh bales ke mereka
sedikitpun T__T
kalo biasa gw curhat ke temen gw pas lagi kesel, biasanya ane bilang,
"If you can do better, prove it; otherwise shut the hell up."
--> kalo lu bisa lebih baik, buktiin, kalo ga diem aja jangan banyak cocod
bener
ngga?kalo kalian pikir para GM ga becus ngurusin game, kenapa kalian ga
ngelamar jadi GM aja? nanti baru deh kalian tau suka-duka nya menjadi
seorang GM,tapi selama kalian menjadi player2 biasa, ya terimalah dengan
lapang dada bahwa this is probably the best you can get (ini mungkin
sudah terbaik yang diberikan oleh para GM)
coba bayangkan
kalo semua GM nurutin komentar "ga becus quit aja", mana ada lagi yang
ngurus game indo?rata2 pada ga ngerasain jadi GM sih
oh iya btw,
di perusahaan publisher game online indo, rata2 GM ga bertanggung jawab
atas penjualan voucher/penjualan apapun yang bersifat "offline". itu
tugas marketing. kita cuman in-game aja kok,jadi masalah harga cash /
voucher itu urusan MARKETING,bukan GM
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Marketing dan Head Content:Voucher - Cash Item
Game Master:In game
RAPP
12 tahun yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar